Pages

Saturday 9 May 2015

LAPORAN PRAKTIKUM EL-2 Karaktristik Arus Dan Tegangan Dioda



LAPORAN PRAKTIKUM EL-2
KARAKTERISTIK ARUS DAN TEGANGAN DIODA



                              
                                       KELOMPOK 5

            Wiliarko Firdaus               (12030654202)
            Ma’murotus Sa’idah         (12030654209)
            Nurul Jannah                    (12030654203)
            Rahmania Firda                (12030654249)
Pendidikan IPA 2012 B


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2015



ABSTRAK

KARAKTERISTIK ARUS DAN TEGANGAN DIODA

Kami telah melakukan percobaan karakteristik arus dan tegangan dioda pada hari rabu, 28 april 2015 di laboratorium Pendidikan IPA Unesa. Tujuan dari percobaan kami yaitu mendiskripsikan diode bias maju (forward bias) dan bias mundur (reverse bias), mendiskripsikan karakteristik Arus-Tegangan pada diode panjar maju dan panjar mundur, menggambarkan kurva hubungan V-I pada diode yang terpanjar maju dan terpanjar mundur. Adapun metode yang kami gunakan pada percobaan yakni menyusun rangkaian diode, resistor, dan catu daya dengan rangkaian bias maju maupun bias mundur, menyalakan catu daya dengan tegangan berbeda-beda yakni 3 volt, 6 volt, 9 volt, dan 12 volt kemudian mengukur besarnya arus dan tegangan pada diode menggunakan multimeter dan mencatat hasilnya. Variabel manipulasinya yaitu tegangan input (Vinput), variabel respon arus (I) dan tegangan luaran (Voutput), sedangkan variabel kontrol yaitu jenis rangakaian (terpanjar maju dan/ mundur). Berdasarkan percobaan yang kami lakukan pada rangkaian bias maju diperoleh hasil semakin besar sumber tegangan maka semakin besar arus yang mengalir dan tegangan yang terukur dalam rangkaian, yakni diperoleh data besar arus dengan manipulasi sumber tegangan (3volt, 6volt, 9volt, dan 12volt) masing-masing sebesar 0,6mA; 1,2mA; 2,0mA; dan 2,4mA. Sedangkan data besar tegangan masing-masing sebesar 0,8volt; 1,4volt; 2,0volt; dan 2,6volt dengan rata-rata tegangan yang dihasilkan yakni 8,5 volt dan dengan taraf ketelitian 73,65%, sedangkan rata-rata arusnya 3,875 dengan taraf ketelitian sebesar 69,99%. Sedangkan pada rangkaian terbias mundur dengan manipulasi sumber tegangan (3volt, 6volt, 9volt, dan 12volt) tidak ada arus yang mengalir pada rangkaian ini. Sedangkan data besar tegangan masing-masing sebesar 0,8volt; 1,4volt; 2,0volt; dan 2,6volt dengan rata-rata tegangan yang dihasilkan yakni 8,5 volt dan dengan taraf ketelitian 73,65%, adapun kurva V-I pada bias maju sudah sesuai dengan teori, sedangkan pada bias mundur karena tidak memiliki arus maka tegangan luar tergantung dengan tegangan masuk.

Kata Kunci: diode,  forward bias, reverse bias, Vinput, Arus (I), Voutput, Multitester



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Ketika suatu sambungan dibentuk dari bahan semikonduktor tipe-P dan tipe-N, maka perangkat yang dihasilkan disebut dioda. Komponen ini memberikan resistensi yang sangat rendah terhadap aliran arus pada satu arah dan resistansi yang sangat tinggi terhadap aliran arus pada arah yang berlawanan. Karakteristik ini memungkinkan dioda untuk memberikan tanggapan yang berbeda sesuai dengan arah arus yang mengalir didalamnya.
Dioda adalah salah satu komponen elektronika yang merupakan suatu semikonduktor yang hanya dapat menghantarkan arus dan tegangan searah. Oleh karena itu tujuan digunakannya diode pada suatu rangkaian listrik adalah penyearah arus atau tegangan. Dalam penggunaan diode pada suatu rangkaian, dikenal istilah forward bias (bias maju) dan reverse bias (bias mundur). Istilah bias maju sangat berbeda dengan bias mundur. Keduanya dibedakan pada karakteristik arus dan tegangan yang mengalir pada suatu rangkaian tersebut. Oleh karena itu, untuk mengenal lebih jauh tentang bias pada diode maka dilakukan percobaan tentang karakteristik arus dan tegangan dioda.

B.       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari percobaan ini adalah :
1.      Bagaimana dioda bias maju (forward bias) dan dioda bias mundur (reverse bias)?
2.      Bagaimana karakteristik arus dan tegangan dioda bias maju dan dioda bias mundur ?
3.      Bagaimana kurva hubungan V terhadap I pada dioda yang terpanjar maju dan dioda yang terpanjar mundur ?

C.      Tujuan
Adapun tujuan dari laporan percobaan ini adalah :
1.   Mendiskripsikan dioda bias maju (forward bias) dan bias mundur (reverse bias)
2.   Mendiskripsikan karakteristik arus-tegangan pada dioda bias maju (forward bias) dan bias mundur (reverse bias)
3.   Menggambarkan kurva hubungan V-I pada dioda yang terpanjar maju dan terpanjar mundur

D.      Hipotesis
Diode bias maju merupakan suatu cara pemberian tegangan luar ke terminal dioda dari kutub tengangan yang bermuatan (+) menuju terminal dioda yang bermuatan (+) atau (–) menuju (-). Sedangkan diode bias mundur adalah suatu cara pemberian tegangan luar ke terminal diode dari kutub tegangan yang bermuatan (+) menuju terminal diode yang bermuatan (-) atau (-) menuju (+).
  

Untuk lebih jelasnya silahkan download link berikut Laporan Praktikum El-2 Karakteristik Arus dan Tegangan Dioda

0 comments: