Pages

Saturday 9 May 2015

LKM GO-3 Eksplorasi Sifat Gelombang Pada Bidang Datar



Kelompok  5   :
1.      Faristya Puput Az                   12030654059
2.      Ma’murotus Sa’idah               12030654209
3.      Dza’ina Dzuun Ni’mah           12030654210
4.      Dewi Puspita                           12030654220

Lembar Kerja Mahasiswa
Percobaan GO-3

A.    Judul Percobaan
Eksplorasi Sifat-sifat Gelombang pada Bidang
B.     Tujuan
Mendeskripsikan (gambar dan verbal) sifat-sifat gelombang air (pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi).
C.    Kajian Teori
Gelombang pada permukaan air merupakan contoh gelombang bidang (2 dimensi). Seperti halnya gelombang yang lain, gelombang ini memiliki sifat-sifat dapat dipantulkan, dibiaskan, berinterferensi, dan mengalami difraksi.
1.      Pemantulan gelombang
Ketika sebuah gelombang menabrak sebuah penghalang, atau sampai di ujung medium yang dirambatinya, maka sebagian dari gelombang tersebut terpantul. Hukum pemantulan gelombang, sudut datang = sudut pantul juga berlaku pada gelombang bunyi.
Untuk gelombang air, kita berhubungan dengan muka gelombang, yang dimaksudkan sebagai satu lebar penuh puncak gelombang. Untuk pantulan gelombang, sudut yang dibuat gelombang datang terhadap permukaan pantulan sama dengan sudut yang dibuat oleh gelombang pantulan. Ini merupakan hukum pantulan : sudut pantulan sama dengan sudut datang. “Sudut datang” didefinisikan sebagai sudut yang dibuat sinar datang terhadap garis yang tegak lurus terhadap permukaan (pantulan) dan “sudut pantulan” adalah sudut yang sama tetapi untuk gelombang pantulan.

2.      Pembiasan gelombang
Ketika gelombang mengenai perbatasan, sebagian energy dipantulkan dan sebagian diteruskan atau diserap. Ketika gelombang dua atau tiga dimensi yang merambat pada satu medium menyebrangi perbatasan ke medium dimana kecepatannya berbeda, gelombang yang ditransmisikan bisa merambat dengan arah yang berbeda dari gelombang datang. Fenomena ini dikenal sebagai pembiasan.
3.      Interferensi gelombang
Interferensi mengacu pada apa yang terjadi ketika dua gelombang merambat pada bagian yang sama dalam ruang pada saat yang sama. Ada dua sifat hasil interferensi gelombang, yaitu interferensi bersifat konstruktif dan destruktif. Konstruktif artinya saling memperkuat, yaitu saat kedua gelombang berinterferensi memiliki fase yang sama. Destruktif artinya saling melemahkan saat kedua gelombang bertemu dalam fase yang berlawanan.
4.      Difraksi gelombang
Gelombang-gelombang menyebar sewaktu merambat dan ketika menemui penghalang, gelombang ini berbelok mengitarinya dan memasuki daerah berikutnya. Fenomena ini disebut difraksi. Besarnya difraksi bergantung pada panjang gelombang dan ukuran penghalang.

silahkan download link berikut LKM GO-3 Eksplorasi Sifat Gelombang Pada Bidang Datar

0 comments: