Pages

Thursday 9 June 2016

LKM EL-3 RANGKAIAN PENYEARAH

LKM EL-3 RANGKAIAN PENYEARAH


A.    Tujuan Percobaan
1.      Mendeskripsikan manfaat diode sebagai penyearah
2.      Mendeskripsikan cara kerja rangkaian penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh
3.      Menggambarkan kurva gelombang penuh dan setengah gelombang
B.     Dasar Teori
Setiap perangkat elektronik membutuhkan tegangan berupa tegangan DC. Sedangkan sumber tegangan listrik yang ada untuk industri dan rumah tangga adalah sumber tegangan AC maka dibutuhkan pengubahan dari besaran AC ke besaran DC dengan menggunakan rangkaian penyearah. Dioda difungsikan di sini sebagai penyearah tegangan, dioda mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).
Dioda menyearahkan tegangan AC yang berbentuk gelombang menjadi tegangan DC hanya siklus positif tegangan AC saja. Sedangkan pada saat siklus negatifnya dioda mengalami panjar balik (reverse bias) sehingga tegangan beban menjadi nol. Sesuai dengan karakteristik dioda yaitu panjar maju (forward bias) hanya melewatkan tegangan positif saja, maka hanya gelombang positif saja yang dilewatkan sedangkan gelombang negatif tidak dilewatkan.
Diode digunakan sebagai penyearah gelombang penuh, dalam artian dioda akan bekerja secara bergantian menyearahkan tegangan AC pada saat siklus positif dan siklus negatif. Penyearah gelombang penuh ada 2 macam penggunaannya disesuaikan dengan transformator yang dipakai. Untuk transformator dengan CT (Center Tap) menggunakan 2 dioda sebagai penyearahnya sedangkan untuk transformator biasa digunakan jembatan dioda (dioda bridge).

Untuk lebih jelasnya silahkan download link berikut LKM EL-3 RANGKAIAN PENYEARAH

0 comments: